Entri Populer

Rabu, 18 April 2012

Serba Serbi Haji 1

Banyak hal yang menarik dalam Ibadah Haji. Sisi lain sebuah perjalanan Haji. Beberapa sempat terdokumentasikan.

Aci Banda 
Sebenarnya kami tidak tahu pasti nama makanan ini, namun saat pelayan disebuah warung makan Pakistan di Madinah menyajikan makanan ini, dia berulang-ulang menyebut Aci Banda. Jadi kami pikir makanan ini bernama Aci Banda.  Setelah berulang-ulang dia menyebut Aci Banda barulah kami menyadari bahwa dia sedang bertanya. Kami masih juga tidak mengerti apa maksudnya dengan pertanyaan yang dii lontarkannya. "Aci Banda ? Aci Banda ?"
Aaahhh ya... mungkin maksudnya Banda Aceh, "Tsunami" ? saya balik bertanya ? dan dia jawab "Aiwa" Rupanya dia ingin mendengar kabar tentang Tsunami di Aceh. Setelah kami terangkan tentang kondisi di Aceh saat itu, tentunya dengan bantuan bahasa Isyarat  bercampur bahasa arab ala kadarnya disisipi dengan bahasa Inggris. Dia kemudian mendoakan semoga Aci Banda Sabar dan Tawakal.





Al Baik 248
Bila anda pergi ke Restoran cepat saji Al Baik di Saudi Arabia (semacam Ayam Goreng Kentucky versi arab), maka anda akan menemukan prosedur antrian pemesanan makanan. Bila anda sudah pesan dan membayar harga makanan yang anda pesan maka anda akan medapatkan nomer antrian pengambilan pesanan anda. Pesanan yang sudah siap dan dapat diambil nomernya akan terpampang di monitor pengumuman. Tintong "248"


Haji Kecil
Tak jarang di jumpai jamaah yang membawa serta anak-anak mereka ber-Haji. Kehadiran anak-anak ini menjadi hiburan tersendiri bagi si orang tua maupun para jamaah lainnya. Obat rindu pada anak-anak atau cucu-cucu yang mereka tinggalkan di tanah air.



Makanpun Antri
Haji identik dengan antrian. Masuk masjid antri, naik lift antri, makan antri, ke toiletpun antri, bahkan sekarang berangkat haji itu sendiri antri. Sudahkah anda masuk dalam antrian porsi haji ?

1 komentar: